Tentang SE4ALL.

Sustainable Energy for All (SE4ALL) : Energi berkelanjutan untuk semua

Tentang SE4ALL

Sustainable Energi for All (SE4ALL) merupakan sebuah inisiatif yang diluncurkan pada bulan September 2011 oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki Moon, untuk mengatasi permasalahan energi di dunia, melalui 3 langkah : memastikan akses universal pada layanan energi modern, menggandakan peningkatan upaya efisiensi energi di tingkat global, dan menggandakan komposisi energi terbarukan di dalam bauran energi global. Dalam perjalanannya, diharapkan ada kolaborasi antara pemerintah, bisnis, organisasi masyarakat sipil, dalam memastikan tercapainya target-target yang telah ditetapkan tersebut, di tahun 2030.

Terkait dengan fakta mengenai akses pada energi. Hingga saat ini, terdapat satu dari lima orang di dunia, masih belum mendapatkan akses pada listrik. Di samping itu, sebanyak hampir 3 milyar orang di dunia, masih bergantung pada kayu, batu bara, charcoal atau limbah hewan untuk memasak dan pemanas. Kondisi ini menjadi salah satu penghalang utama untuk mengentaskan kemiskinan.

Di lain pihak, di tempat di mana layanan energi modern berlimpah ruah, masalah yang dihadapi adalah : limbah dan polusi. Emisi karbon dioksida dan gas-gas rumah kaca lainnya akibat pembakaran bahan bakar fosil, berkontribusi pada perubahan di iklim bumi yang menyebabkan dampak buruk bagi kehidupan, komunitas, infrastruktur, institusi dan anggaran. Perubahan iklim membawa dunia ini pada resiko dampak perubahan iklim, dimana orang miskin akan terkena dampaknya terlebih dahulu, bahkan lebih parah.

Ban Ki Moon menyatakan bahwa energi merupakan benang emas yang menghubungkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesetaraan sosial dan lingkungan yang memungkinkan kelangsungan bumi.

Kunci dari tantangan-tantangan tersebut adalah untuk menyediakan energi berkelanjutan untuk semua: energi yang dapat diakses, lebih bersih dan lebih efisien.

Energi yang berkelanjutan merupakan kesempatan yang memungkinkan bisnis untuk bertumbuh, menciptakan lapangan pekerjaan dan menciptakan pasar baru. Anak-anak dapat belajar setelah hari gelap, klinik-klinik dapat menyimpan vaksin untuk pengobatan, negara-negara dapat menumbuhkan ekonomi yang kokoh dan kompetitif. Dengan adanya energi yang berkelanjutan, negara-negara dapat melakukan lompatan melebihi batasan yang dimiliki oleh sistem-sistem energi di masa yang lalu serta dapat membangun ekonomi energi bersih untuk masa yang akan datang.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *